.Catatan Harian Ana.

Contoh Resensi Buku

Posted on: April 26, 2010

  • Di susun oleh :  Silmi Rahmani
  • Kelas               : IX-A
  • Tugas             : Bahasa Indonesia

——————————————————————————————————-

  • Judul                 : Mengenal Buah-buahan yang bergizi
  • Pengarang        : P. Suparman Natawidjaja
  • Penerbit            : PUSTAKA DIAN
  • Tebal                    : 61 halaman
  • Tahun Terbit : 1985
  • Cetakan             : Kedua

Mengenal Buah-buahan yang Bergizi

Buku berjudul Mengenal Buah-buahan yang bergizi ini, disusun oleh P. Suparman Natawidjaja dengan tebal 61 halaman yang diterbitkan PUSTAKA DIAN pada tahun 1985. Buku ini disajikan untuk para remaja agar tahu, mengenal, menghayati kekayaan buah-buahan dan manfaat botani seluruh pohonnya dimana didalamnya terdapat sumber gizi yang sangat berguna untuk proses pertumbuhannya.
Untuk mendapatkan kesehatan, kita tidak perlu mengkonsumsi buah-buahan yang mahal. Banyak jenis buah-buahan lokal yang memiliki kandungan gizi dan vitamin yang setara dengan buah-buahan mahal namun harganya tetap terjangkau. Dalam buku ini dijelaskan 5 jenis buah-buahan berikut manfaat dan kandungan gizinya yaitu : 1. Pisang, 2. Pepaya, 3. Nangka, 4.Jeruk, 5.Mangga.
Siapa yang tidak tahu pisang? Buah yang manis, lezat dan bergizi. Buah yang digemari semua orang termasuk bayi yang berumur 3 bulan. Buah yang diberi nama Latin Musa Paradisiaca ini, tiap 100 gramnya mengandung 335 IU Vitamin A, 11 mg Vitamin C, 8 mg kalsium, dan 28 mg Fosfor. Karena itu, pisang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi anak-anak dan para remaja.
Lalu, Pepaya. Buah yang disebut Gedang oleh orang Sunda ini, sangat bermanfaat. Buahnya dapat kita konsumsi, bijinya dapat dijadikan obat cacing, getahnya dapat di gunakan untuk pengawetan daging, daunnya dapat dikonsumsi sebagai lalab dan akarnya dapat dijadikan jamu tradisional.
Buku ini juga menjelaskan tentang Nangka. Buah yang mempunyai nilai ekonomi masa depan, karena pohon nangka baru bisa berbuah jika sudah berumur 9 tahun. Setelah sembilan tahun, nangka akan terus berbuah, sehingga kita tinggal menanti buahnya saja. Gizi dari buah Nangka matang setara dengan gizi buah Pisang. Kadar lemak yang rendah namun kalori yang tinggi, sangat bagus bagi pertumbuhan remaja.
Jeruk. Buah Jeruk memiliki kadar Vitamin A dan C yang tinggi yang baik untuk daya tubuh. Terdapat berbagai jenis jeruk mulai dari rasanya manis, asam dan pahit dengan manfaatnya masing-masing. Sama seperti papaya, selain dapat dimanfaatkan buahnya, kulit dan biji jeruk dapat dijadikan minyak pengharum kue, sirop, rambut dan sebagainya. Sedangkan ampasnya untuk makanan ternak.
Mangga, buah-buahan asli flora Indonesia. Diantara manfaat yang terkandung dalam buah mangga ialah menyembuhkan penderita tekanan darah tinggi, kurang darah (hemoblin), pusing-pusing dan mata merah. Melihat kadar lemaknya yang rendah, buah Mangga tidak menambah gemuk badan, bagi orang yang ingin langsing.
Buku Mengenal Buah-buahan yang bergizi ini, hampir tidak memiliki kekurangan namun memiliki sejuta keunggulan. Buku dengan sampul bergambar buah-buahan ini sangat menarik, dengan bahasa yang mudah dimengerti dan disertai tabel data gizi, buku ini memang layak dimiliki, terutama oleh orang yang tertarik akan manfaat sumber gizi bagi kesehatan. Tidak hanya itu, karena terdapat resep praktis yang ditulis istri penulis untuk mengolah buah-buahan yang bergizi itu, buku ini juga sangat cocok bagi para ibu.
Buku ini sangat lengkap, karena bersumber dari berbagai literatur, diantaranya pengalaman sehari-hari penulis, pendapat ahli gizi, guru biologi, guru PKK, perawat, tukang jamu, majalah, surat kabar, brosur-brosur lembaga gizi dan berbagai sumber buku dari perpustakaan di Jakarta. Buku yang penuh ilustrasi gambar ini menerangkan pada kita bahwa sehat itu tidak mahal, makanan yang bergizi tidak hanya bisa didapat dari makanan yang mahal. Buah-buahan yang dekat dengan kehidupan kitapun memiliki kandungan gizi yang tinggi yang bisa membuat kita sehat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: